Label

Rabu, 16 Februari 2011

PROPOSAL STUDY VISIT (2) LAMPIRAN 1 – Panduan Kegiatan

JENIS KEGIATAN

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari program kerja KKG Bermutu Gugus Madyantara Kecamatan Kismantoro yang diberi nama , "Kegiatan study visit KKG Gugus Madyantara ke SD Negeri III Slogohimo Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri".

Study visit merupakan suatu kegiatan kunjungan belajar dengan tujuan untuk mempelajari aspek-aspek yang dianggap lebih baik dan lebih berhasil yang dilakukan sekolah dalam mengelola kegiatan pembelajaran

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan bertempat di SD Negeri III Slogohimo, salah satu SD yang telah menerapkan Standar Nasional dalam proses kegiatan pembelajaran maupun tata kelola sekolah. Waktu kegiatan pada hari Jumat tanggal 11 Februari 2011, pada pukul 6.50 sampai dengan 11.00 WIB

PESERTA

Peserta study visit adalah 60 orang guru kelas yang terdiri dari guru kelas 1 – 6. Peserta kegiatan berasal dari 10 Sekolah Dasar anggota KKG gugus Madyantara yang terdiri dari SD Negeri I, II, III, IV Kismantoro, SD Negeri II Gesing, SD Negeri I, III Lemahbang, dan Sd Negeri I, II, III Ngroto Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri.

PEMBERANGKATAN DAN KEPULANGAN

Peserta berangkat dari SD Inti Gugus Madyantara, SD Negeri I Kismantoro pada hari Jumat tanggal 11 Februari 2011, pada pukul 06.00 WIB. (peserta yang terlambat pada saat pemberangkatan disarankan untuk tidak mengikuti kegiatan ini) kendaraan tersedia .

Pakaian peserta adalah batik abdi Negara lengkap

Kepulangan didasarkan pada tingkat kecukupan pencapaian informasi yang diinginkan. Kepulangan dilakukan selambat-lambatnya pada pukul 11.30 WIB

MATERI OBSERVASI

Materi observasi meliputi (a) Pelaksanaan Pembelajaran sekolah yang dikunjungi (b) Inovasi dan kreativitas pembelajaran (c) Kekhususan kegiatan yang menunjang proses pembelajaran (d) Fasilitas belajar yang tersedia (e) Peranan Ruangan sebagai papan kreativitas siswa dan guru (f) Implementasi hasil KKG di SD yang dikunjungi (g) (h) Ketersediaan fasilitas belajar (i) Kemampuan sekolah mengembangkan Pembelajaran bagi guru (j) Tata Kelola Sekolah.

TATA URUTAN KEGIATAN

No
Waktu
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
1
06.00 – 06.45
Transportasi ke lokasi
  • Hadir di lokasi sebelum pemberangkatan
2
06.45 – 07.15
Seremonial, dll
  • Penerimaan peserta
  • Peserta melakukan lobby dengan guru kelas untuk menyesuaikan jadwal sekolah dengan kegiatan observasi study visit.
  • Peserta menyetujui batas kesanggupan dan kesetujuan guru yang dikunjungi.
3Waktu menyesuaiakan dengan kesanggupan dan kesetujuan guru kelas SD yang dikunjungi Observasi prapembelajaran
  • Peserta mengamati aktivitas guru dan siswa sebelum jam masuk kelas
  • Gunakan Fieldnote.
4Observasi pembelajaran
  • Peserta mengamati RPP guru (jika mungkin minta satu RPP untuk fotocopy)
    Gunakan Lembar Observasi 1 (L O 1)
  • Peserta mengamati aktivitas pembelajaran guru, konfirmasikan kepada guru kelas yang bersangkutan mengenai keberadaan peserta study visit (di dalam kelas / di luar kelas)
    Gunakan lembar pengamatan 2 ( L O 2)

    Gunakan Fieldnote
5Wawancara
  • Peserta dan guru kelas SD yang dikunjungi pada saat istirahat melakukan kegiatan wawancara hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan persiapan, perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran, dll
  • Gunakan lembar observasi 3 (L O 3 Terbuka)
6Observasi keadaan kelas
  • Dilakukan pada saat peserta berada di dalam kelas atau di luar kelas.
  • Gunakan Fieldnote
7Observasi pasca pembelajaran
  • Peserta mengamati aktivitas guru dan siswa pada jam kepulangan siswa
  • Gunakan Fieldnote
8
11.00 – 11.30
  • Cofee break + makan siang
  • Penyerahan cendera mata (vandel)
  • Seremonial kepulangan

 
JADWAL KEGIATAN

Tahap Kegiatan
Waktu
Tahap Perencanaan
a. penyusunan proposal kegiatan        
b. penyusunan Panduan setudy visit       
c. observasi awal               
d. Pemberitahuan ke UPT Dindik Slogohimo   
e. Pemberitahuan ke sekolah yang dikunjungi
f. Penejelasan teknis peserta
5-26/1/2011
25-30/1/2011
29/1/2011
29/1/2011
7/2/2011
7/2/2011
9/2/2011
Tahap Pelaksanaan
11/2/2011
Analisis
a.validasi data
b.analisis data hasil kunjungan

 
12-13/2/2011
16-18/2/2011
Pelaporan
a.draff khusus
b.perapatan
c.revisid.
d.laporan

 
19/2/2011
21-23/2/2011
24-25/2/2011
26/2/2011
Tindak Lanjut
a.implementasi hasil kunjungan di sekolah
b.penyusunan rencana tindak lanjut

 
Menyesuaikan
Menyesuaikan

 
LAIN-LAIN

Perlu disadari oleh setiap peserta dalam kegiatan study visit ini bahwa kunjungan yang dilakukan adalah kunjungan belajar dengan tujuan untuk mempelajari aspek-aspek yang dianggap lebih baik dan lebih berhasil yang dilakukan oleh sekolah yang dikunjungi dalam mengelola kegiatan pembelajaran.



Sehubungan dengan hal tersebut maka diharapkan setiap peserta untuk: (a) melakukan penggalian sedalam-dalamnya dan sejelas-jelasnya atas proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, dan berbagai aspek lain yang perlu diketahui di sekolah yang dikunjungi (b) melakukan penggalian informasi dengan mengutamakan fokus pada kelebihan, nilai-nilai positif pembelajaran, inovasi dan kreativitas pembelajaran, kekhususan dan kiat-kiat yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran, serta aspek lain yang memungkinkan dapat dikembangkan di sekolah peserta study visit (c) melakukan pengamatan secara menyeluruh sesuai dengan tugas dan kewajibannya sebagai bagian dari validasi awal atas hasil yang telah diperoleh dalam study visit (d) disarankan untuk menjalin komunikasi professional dengan guru di SD yang dikunjungi untuk kepentingan tindaklanjut di kemudian hari (e) mengedepankan sikap professional sebagai guru (f) senantiasa menjaga tata krama dan kode etik profesi selama kunjungan berlangsung (g) tidak melakukan justifikasi, penistaan, arogansi dalam bentuk apapun kepada objek maupun subjek pengamatan, baik secara teoritis maupun pragmatis (h) tidak melakukan kegiatan yang mengganggu jalannya proses pembelajaran atau kegiatan keseharian yang ada di sekolah yang dikunjungi (i) selama proses kegiatan berlangsung, seluruh peserta yang membawa HP diwajibkan untuk merubah nada dering baik pesan maupun panggilan dalam modus getar tanpa nada dering, atau dimatikan (j) Selama kunjungan berlangsung, setiap peserta dilarang merokok

.
PENUTUP

Demikian panduan kegiatan studi visit ini disusun dengan harapan dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.
Pada akhirnya kami berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru terutama guru yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini.

 
Kismantoro, 5 Februari 2011

Kepala SD Inti
SD Negeri I Kismantoro
Gugus Madyantara

 

 

 

 
Putut Sri Haryanto, S.Pd.
NIP: 19590415 197802 1 003
Ketua Gugus Madyantara
Kecamatan Kismantoro
Kabupaten Wonogiri

 

 

 

 
Susilo Budiyanto, S.Pd.
NIP: 19620101 198201 1 011

2 komentar:

  1. Selamat atas terlaksananya kegiatan Study Visit di KKG Gugus Madyantara. Kita smua berharap dari hasil kegiatan tsb dpt kita implementasikan di tempat tugas masing-masing (sesuai kemampuan, kondisi, dan situasi)tentunya.
    Salam buat teman-teman guru...

    BalasHapus
  2. Moga Sukses atas study visit yang baru di laksanakan

    BalasHapus