Label

Rabu, 16 Februari 2011

PROPOSAL STUDY VISIT (1)

LATAR BELAKANG
Pengembangan profesionalisme guru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, dalam porsi besar, merupakan tanggung jawab internal kalangan pendidikan. Kemunculan motivasi, inovasi dan proyeksi rancang bangun tentang pengembangan tersebut merupakan tanggung jawab yang wajib diwujudkan oleh kalangan pendidik.
Beberapa program pengembangan melalui berbagai instansi terkait telah dilakukan dengan input dan output beragam. Salah satu model pengembangan yang masih berjalan saat ini adalah KKG Model Bermutu (Better Education through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading). Melalui model Bermutu diharapkan guru dapat mengintegrasikan pendekatan penelitian tindakan kelas, lesson study, dan studi kasus, melakukan kajian kritis terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan, memperbaiki dan mengembangkan kurikulum pembelajarannya, serta mempraktekkan pembelajaran PAKEM dan strategi pembelajaran inovatif lainnya.

 
Salah satu bentuk kegiatan KKG Model Bermutu adalah kegiatan kunjungan belajar atau Study Visit. Study visit bertujuan mempelajari aspek-aspek yang dianggap lebih baik dan lebih berhasil yang dilakukan sekolah dalam mengelola kegiatan pembelajaran.

 
Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan beberapa keunggulan yang dapat dijadikan acuan dalam peningkatan kualitas pembelajaran di beberapa Sekolah dasar di Slogohimo. Kekhususan dan keunikan yang ada dimungkinkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan pembelajaran di kelas, maupun meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran bagi sekolah yang lain.
Pengetahuan tentang kekhususan yang ada mendorong untuk dilakukan kegiatan Studi visit sesuai program kerja KKG Model Bermutu ke SD Negeri III Slogohimo Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri.



TUJUAN
Tujuan dilaksanakannya Studi visit adalah (1) memperoleh gambaran pelaksanaan belajar di sekolah yang dikunjungi (2) memperoleh informasi fasilitas belajar yang tersedia di SD yang dikunjungi (3) .Memperoleh gambaran pelaksanaan inovasi pembelajaran maupun tingkat aktivitas siswa dalam pembelajaran di SD yang dikunjungi

 
SASARAN
Sasaran kegiatan study visit KKG Gugus Madyantara Kecamatan Kismantoro adalah SD Negeri III Slogohimo, Kecamatan Slogohimo yang merupakan SD telah berstandar SSN (Sekolah Standar Nasional) dan telah mengembangkan pelaksanaan Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan dengan memanfaatkan penggunaan media ICT dalam pembelajaran.
SD ini menjadi sasaran studi visit KKG Model Bermutu Gugus Madyantara Kecamatan Kismantoro yang beranggotakan 60 guru terdiri dari masing-masing kelas 10 orang guru

 
MATERI
Materi kegiatan studi visit ini meliputi (1) Implementasi hasil KKG di SD yang dikunjungi, (2) pelaksanaan belajar di sekolah yang dikunjungi, (3) fasilitas belajar yang tersedia di SD yang dikunjungi, dan (4) pelaksanaan inovasi pembelajaran maupun tingkat aktivitas siswa dalam pembelajaran di SD yang dikunjungi, (5) tata kelola sekolah secara umum.

 
OUTPUT
Out yang diharapkan dari pelaksanaan study visit ini adalah (1) informasi implementasi hasil KKG di SD yang dikunjungi, (2) informasi pelaksanaan belajar di sekolah yang dikunjungi, (3) informasi fasilitas belajar yang tersedia di SD yang dikunjungi, (4) informasi pelaksanaan inovasi pembelajaran maupun tingkat aktivitas siswa dalam pembelajaran di SD yang dikunjungi

 
PELAKSANAAN
Pelaksanaan kegiatan studi visit dilakukan pada hari Jumat tanggal 11 Februari 2011 dimulai pada pukul 06.45 sampai dengan pukul 11.00

 
PEMBIAYAAN
Pembiayaan kegiatan study visit bersumber dari Dana Bantuan Langsung DBL dengan rincian (1) Tansport peserta @ Rp 50.000 x 60 guru     = Rp 3.000.000,- (2) Konsumsi Peserta @ Rp 20.000 x 60 Guru     = Rp 1.200.000,- Jumlah     = Rp 4.200.000,- (terbilang: empat juta dua ratus ribu rupiah)


 
JADWAL KEGIATAN
Tahap Kegiatan
Waktu
Tahap Perencanaan
a. penyusunan proposal kegiatan        
b. penyusunan Panduan setudy visit       
c. observasi awal               
d. Pemberitahuan ke UPT Dindik Slogohimo   
e. Pemberitahuan ke sekolah yang dikunjungi
f. Penejelasan teknis peserta
5-26/1/2011
25-30/1/2011
29/1/2011
29/1/2011
7/2/2011
7/2/2011
9/2/2011
Tahap Pelaksanaan
11/2/2011
Analisis
a.validasi data
b.analisis data hasil kunjungan

 
12-13/2/2011
16-18/2/2011
Pelaporan
a.draff khusus
b.perapatan
c.revisid.
d.laporan

 
19/2/2011
21-23/2/2011
24-25/2/2011
26/2/2011
Tindak Lanjut
a.implementasi hasil kunjungan di sekolah
b.penyusunan rencana tindak lanjut

 
Menyesuaikan
Menyesuaikan

 
ALUR KEGIATAN
  1. Persiapan
    Kegiatan persiapan diharapkan peserta study visit (a) mempelajari panduan kegiatan, (b) Mempelajari instrument yang akan digunakan pada waktu observasi pembelajaran di SDN III Slogohimo (c) Membuat catatan tambahan hal-hal yang ingin ditanyakan lebih lanjut, dan (d) Membawa alat perekam atau kamera jika diperlukan
  2. Pelaksanaan
    Pada saat pelaksanaan kegiatan peerta diharapkan untuk (a) melakukan kegiatan sesuai dengan panduan (b) melakukan observasi dengan menggunakan instrument observasi yang telah disiapkan (c) melakukan wawancara dengan instrument panduan wawancara yang telah disiapkan (d) menggali informasi yang lengkap dari SD yang dikunjungi (e) mencatat semua informasi yang diperoleh melalui catatan study visit (f) mengumpulkan dokumen yang diperlukan sebagai kelengkapan study visit
  3. Tindak lanjut
    Pada kegiatan tindak lanjut diharapkan peerta kegiatan untuk (a) mengolah data dan informasi hasil study visit dan menyusun laporannya sesuai rambu-rambu (b) melakukan perbaikan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, sebagai implementasi hasil study visit.
PENUTUP
Demikian proposal perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan tindak lanjut studi visit ini disusun dengan harapan dapat untuk dilaksanakan. Beberapa elemen terkait kegiatan ini diharapkan memberikankontribusi positif guna pelaksanaan kegiatan ini.

 
Pada akhirnya kami berharap kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru terutama guru yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini.

 
Kismantoro, 5 Februari 2011

Kepala SD Inti
SD Negeri I Kismantoro
Gugus Madyantara

 

 

 

 
Putut Sri Haryanto, S.Pd.
NIP: 19590415 197802 1 003
Ketua Gugus Madyantara
Kecamatan Kismantoro
Kabupaten Wonogiri

 

 

 

 
Susilo Budiyanto, S.Pd.
NIP: 19620101 198201 1 011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar