Label

Senin, 14 Februari 2011

KEGIATAN LESSON STUDI

TAHAP I PLAN (PERENCANAAN)

Tahap perencaaan (plan)merupakan tahap awal dari kegiatan Lesson Study. Pada tahap ini direncanakan semua hal yang berhubungan dengan tahap do (tindakan) dan see (refleksi). Perencanaan dan pertimbangan yang cermat di dalamnya akan menentukan keberhasilan proses pelaksanaan Lesson Study. Diharapkan pada tahap ini terdapat kematangan konsep yang secara nyata dapat diaplikasikan dan kegiatan pembelajaran.
Kemajemukan peserta Gugus Madyantara dalam kegiatan ini diharapkan memberikan kontribusi berjalannya Lesson Study yang sesungguhnya, didasarkan pada pertimbangan professional sebagai pendidik.
Beberapa langkah yang harus dilakukan dalam tahap perencanaan kegiatan antara lain sebagai berikut: (mohon untuk ditambah jika perlu)
  1. Membagi peserta dalam 2 kelompok yaitu kelompok kelas besar (guru kelas IV, V, VI) dan kelompok kelas kecil (guru kelas I,II,III)
  2. Masing-masing kelompok melakukan kegiatan berikut:
    1. Menyusun 1 (satu) RPP format terbaru (ada EEK)
      1. Mapel (salah satu) PKn, Bhs Indo, mat, IPA, IPS (untuk kelas besar) dan tematik (untuk kelas kecil)
      2. Kelas (menyesuaikan) Semester II
      3. Waktu 1x 35 menit (1 pertemuan) atau menyesuaikan.
      4. Hari Sabtu, tanggal 22 Januari 2011
      5. SD menyesuaikan
      6. SK/KD menyesuaikan
      7. Indikator, tujuan dll menyesuaikan
      8. Materi ajar (sesuaikan dengan SK/KD, indikator, buku sumber)
      9. Metode (sesuaikan)
      10. Kegiatan Pembelajaran (sesuaikan dengan waktu )
        1. Kegiatan Awal
        2. Kegiatan Inti
          1. Eksplorasi
          2. Elaborasi
          3. Konfirmasi
            (konsep tentang EEK terlampir)
        3. Kegiatan Penutup
      11. Alat dan sumber bahan
      12. Penilaian, lengkapi dengan
        1. Lembar evaluasi
        2. Kunci Jawaban
        3. Pedoman penilaian + rubrik (jika perlu)
    2. Menyiapkan lembar kegiatan siswa (jika ada dalam RPP )
    3. Menyiapkan alat peraga / media (sesuai dengan pendekatan, metode dan teknik dalam RPP yang disusun)
    4. Menyusun lembar observasi siswa (untuk pengamat)
    5. Menyusun lembar observasi guru (untuk pengamat)
    6. Menentukan SD tempat dilakukannya Lesson Study (bisa saja SD tempat diadakannya lesson study berbeda antara kelompok kelas besar dan kelompok kelas kecil, atau sama di satu SD) Gunakan dasar pertimbangan yang disepakati kelompok. Jika telah ada kesepakatan tempat, langsung saja gali informasi tentang jumlah siswa, dll
    7. Menentukan jam pelajaran ke… (jika tidak sesuai jadwal SD yang bersangkutan, mohon untuk SD menyesuaikan kegiatan Lesson pada hari itu dengan terlebih dahulu memberitahukan kepada siswa)
    8. Menentukan Guru Model (hindari guru tempat SD diadakannya lesson study) Gunakan dasar pertimbangan yang disepakati kelompok.
    9. Menentukan pengamat aktivitas siswa
    10. Menentukan pengamat aktivitas guru
    11. Menentukan tim konsultan (pakar/nara sumber) kegiatan dan refleksi (boleh pengawas, guru pemandu, guru senior yang dianggap mampu)
    12. Menentukan petugas dokumentasi (digital photo, ada)
  3. Jelaskan kembali tugas-tugas guru model, pengamat, hasil kerja kelompok dll
  4. Guru pemandu atau salah satu anggota kelompok untuk menyusun hasil kerja kelompok dalam bentuk soft copy dan hard copy.
  5. Ketua KKG untuk memberitahukan perencanaan kegiatan lesson study ke KUPT an. Pengawas TKSD (jika memang dipandang perlu, mengundang ketika tahap do (tindakan)) Dilengkapi lampiran yang berisi rencana lengkap ttg lesson studi (RPP, guru model, pengamat, waktu, tempat, dll)
  6. Ketua KKG untuk mengirim surat permohonan ke SD yang telah ditentukan (kelompok kelas besar maupun kelas kecil) untuk melakukan kegiatan lesson studi sesuai dengan hasil kerja kelompok.

     
TAHAP II DO (TINDAKAN)

Tindakan dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 Januari 2011, (atau sesuai dengan hasil kesepakatan dalam kelompok). Beberapa yang harus disiapkan dan dilakukan dalam tahap tindakan ini adalah :

  1. SD tempat dilaksanakan Lesson Study (atau guru kelasnya)
    1. Menyiapkan siswa untuk tahap do (tindakan)
    2. Hari sebelumnya, memberitahukan pada siswa bahwa ada perubahan jadwal pada hari Sabtu, 22 Januari 2011, dan siswa diminta untuk menyesuaikan, (jika memang jadwal SD yang bersangkutan tidak sesuai dengan RPP hasil kerja kelompok yang telah jadi)
    3. Hari sebelumnya, menanamkan pengertian pada siswa tentang kehadiran guru model.
    4. Hari sebelumnya, menanamkan pengertian kepada siswa bahwa pada saat pembelajaran akan dihadiri oleh banyak pengamat. Menekankan pada siswa untuk tidak terganggu dengan kehadiran pengamat.
    5. Menata ruang kelas sesuai perencanaan RPP hasil kerja kelompok.
    6. Menyiapkan daftar hadir siswa, daftar nilai siswa dll, administrasi kelas)
    7. Menyiapkan nama siswa atau nomor siswa, yang akan ditempelkan pada baju siswa, dan dapat dilihat oleh pengamat dari belakang atau depan siswa.
  2. Peserta KKG ke Lokasi Lesson Study di SD yang telah ditentukan untuk sebelumnya melakukan hal-hal sebagai berikut:
    1. Mengadakan pertemuan dengan KS dan guru di SD tersebut (± 15 menit).
      (Bisa outdoor dalam format upacara atau indoor dalam format pertemuan)

      1. Menyampaikan maksud kedatangan
      2. Melaporkan secara ringkas tentang kegiatan Lesson Study
    2. Kepala SD yang bersangkutan diharapkan,
      1. Menanggapi
      2. Menggambarkan secara ringkas tentang kondisi kelas yang akan dipergunakan sebagai ajang Lesson Study.
    3. Siap melaksanakan Lesson Study
  3. Pelaksanaan Lesson Study
    Sebelum dilaksanakan lesson study pastikan bahwa segalanya telah siap.

    1. Guru model telah siap (baik materi, peraga, media dll)
    2. Siswa telah siap
    3. Pengamat telah mempunyai lembar pengamatan yang sesuai
    4. Pembelajaran dimulai setelah semua pengamat, dan siswa berada dalam ruangan. Guru model masuk belakangan pertanda Lesson Study is on.
    5. Pengamat diharapkan :
      1. Memahami RPP yang digunakan guru model beserta aplikasinya.
      2. Memahami lembar pengamatan yang digunakannya
      3. Mengetahui tempat dan posisi yang harus ditempatinya selama proses pembelajaran berlangsung.
    6. Pengamat tidak diperkenankan:
      1. Membuat gaduh
      2. Mengganggu konsentrasi siswa maupun guru model
      3. Melakukan interupsi dalam bentuk apapun kepada siswa dan guru model selama proses pembelajaran
      4. Membantu dalam bentuk apapun kepada siswa dan guru model selama proses pembelajaran
      5. Memberikan aplaus, pujian, tepuk tangan dan lain-lain selama proses pembelajaran
      6. Duduk di kelas selama kegiatan pembelajaran


TAHAP III SEE (REFLEKSI)

Tahap See (refleksi) merupakan tahap akhir dari Lesson Studi. Tahap ini lebih bagus dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai dilakukan. Beberapa hal yang harus disiapkan adalah sebagai beirkut:
  1. SD lokasi kegiatan Lesson Study
    Menyiapkan tempat (ruangan) untuk kegiatan tahap See (refleksi), dengan kapasitas sejumlah anggota kelompok. Lebih baik apabila posisi tempat duduk dibuat melingkar (meja bundar) misalnya dengan posisi sebagai berikut:

     

     

     

























     
  2. Urutan kegiatan refleksi adalah :
    1. Guru model merefleksikan apa yang telah dilakukan
    2. Pengamat memberikan refleksi atas hasil pengamatannya, bukan berdasarkan teori.
    3. Nara sumber memberikan tanggapan dan saran.

       
TAHAP PENULISAN LAPORAN LESSON STUDY

Laporan pelaksanaan kegiatan lesson Study merupakan tagihan wajib dalam kegiatan KKG Bermutu. Penyusunan laporan dan sebagainya disusun oleh kelompok (baik kelas besar maupun kelas kecil) dengan dilampiri berbagai hal yang berhubungan dengan pelaksanaan Lesson Study di setiap tahapan (plan, do, see), dan dokumentasi kegiatan.
Setiap guru yang tercatat dan nyata-nyata melaksanakan tugas sebagai Guru Model, Nara sumber maupun Pengamat memiliki hak untuk mempergunakan laporan kegiatan Lesson Study sebagai bentuk penulisan KTI, dengan relevansi nilai yang proporsional.

 
SELAMAT BEKERJA

 

Lampiran :

Penyusunan Kegiatan Pembelajaran dalam RPP



Kegiatan Pembelajaran
Untuk mencapai suatu kompetensi dasar harus dicantumkan langkah-langkah kegiatan setiap pertemuan. Pada dasarnya, langkah-langkah kegiatan memuat unsur kegiatan pendahuluan/pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
Langkah-langkah standar yang harus dipenuhi pada setiap unsur kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut:
  1. Kegiatan pendahuluan
    Pendahuluan merupakan
    kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditunjukkan unuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
    Dalam kegiatan pendahuluan guru :
    1. Menyipakan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
    2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan diajar
    3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
    4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus
   
  1. Kegiatan Inti   
    Pelaksanan kegiatan inti merupkan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi, peserta didik untuk memotivasi peserta didik berpartisi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti merupakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang dapat meliputi proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
    1. Eksplorasi
      Dalam kegiatan eksplorasi guru :
  • Melibatkan peserta didik untuk mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
  • Menggunakan beberapa pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar yang lain
  • Memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik denga guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.
  • Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan

 
  1. Elaborasi
    Dalam kegiatan elaborasi guru :
    1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
    2. Memfasilitai peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secra lisan maupun tertulis
    3. Memberi ketrampilan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut
    4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
    5. Memfasilitasi peserta didik dalam berkompetensin secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
    6. Memfasilitasi peserta didik dalam membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individu maupun kelompok
    7. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individu maupun kelompok
    8. Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
    9. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

     
  2. Konfirmasi
    Dalam kegiatan komfirmasi guru :
  • Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadih terhadap keberhasilan peserta didik
  • Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  • Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
  • Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
    • Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
    • Membantu menyelesaikan masalah
    • Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
    • Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
    • Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisi aktif.

 
  1. Kegiatan Penutup
    Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengahiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik dan tindak lanjut.
    Dalam kegiatan penutup guru :
    1. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
    2. Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
    3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
    4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajara remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai hasil belajar peserta didik
    5. Menyampaikan rencana pembalajaran pada pertemua berikutnya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar